Selasa, 27 Mei 2014

MS POWERPOINT

MS POWERPOINT


Manfaat Program Presentasi
  • Sebagai media untuk membuat presentasi.
  • Menbuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik sehingga orang yang memperhatikan tidak merasa bosan.
  • Dapat digabungkan dengan perangkat lunak lainnya, misalnya Microsoft Word atau Microsoft Excel.
  • Dapat menggunakan multimedia, seperti halnya penggunaan sound system.

PENGERTIAN MS POWER POINT

Ms PowerPoint adalah salah satu program bawaan Ms Office yang digunakan untuk membuat dokumen presentasi, Dengan Ms PowerPoint, kita bisa membuat slide presentasi yang unik dan menarik dengan menambahkan efek teks, gambar. Clip Art, musik, video, dan Iain-lain

Pengaktifan PowerPoint

» Pertama-tama, tekan tombol Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office PowerPoint .
» Kemudian muncul tampilan utama Ms PowerPoint



Title Bar
Bagian ini menunjukkan nama dokumen yang sedang aktif

Office Button
Digunakan untuk menampilkan semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan dokumen, seperti menambah lembar kerja, menyimpan dokumen, membuka, mencetak dan lain-lain.

Quick Access toolbar
Digunakan untuk menampilkan perintah secara cepat atau merupakan penampilan ikon cara cepat seperti shortcut. Cara menggunakannya dengan mengklik ikonnya. Dalam versi dasar terdapat tiga ikon yaitu save, undo, dan redo.

Vertical Scroll Bar
Digunakan untuk menggulung layar ke atas atau ke bawah

Slide Area
Tempat yang digunakan untuk menuliskan bahan presentasi yang akan di buat.

Status Bar
Statusbar akan menampilkan berbagai informasi yang dirasakan perlu ketika Anda sedang bekerja dengan jendela kerja PowerPoint 2007. Anda dapat mengatur konfigurasi Status Bar ini agar sesuai dengan kebutuhan, dengan cara mengklik tombol kanan mouse pada area Status bar yang ada di bawah jendela kerja PowerPoint 2007. Dengan langkah ini, kotak dialog pemilihan isi Status Bar akan ditampilkan.

PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:


- PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
- PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
- POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
- PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12

FUNGSI MENU dan IKON dalam MS PowerPoint
1. Menu File, digunakan untuk membuat, membuka dan menyimpan file PowerPoint serta keluar dari aplikasi PowerPoint

•New : membuka dokumen baru yang masih kosong
•Open : membuka dokumen yang pernah dibuat
•Close : menutup dokumen yang sedang aktif
•Save: menyimpan dokumen
•Save as : menyimpan dokumen dengan nama yang baru
•Save as web page : menyimpan dokumen ke halaman web
•File Search : mencari file pada paragrap tertentu.
•Web Page Preview : menampilkan dalam halaman web
•Package for CD : packing file ke dalam CD.
•Page Setup : memformat dokumen
•Print Preview : menampilkan hasil cetakan di monitor
•Print : mencetak dokumen
•Send To : mengirim dokumen
•Properties : mengetahui properties dokumen
•Exit  : menutup file dan keluar dari aplikasi powerpoint.


2. Menu Edit,
 digunakan untuk melakukan perintah editing seperti Copy, Delete, Find dan sebagainya.

•Undo Typing : melakukan pembatalan suatu perintah yang telah dilakukan.
•Repeat Typing : mengembalikan pperintah pembatalan yang telah dilakukan
•Cut : memotong teks atau objek yang diseleksi atau dipilih.
•Copy : mengopy teks atau objek yang diseleksi atau dipilih.
•Paste : menempatkan teks auatu objk yang telah dipotong atau di copy pada area yang diingikan.
•Office Clipboard : menampilkan clipboard objek yang telah dicopy ataupun dipotong ( cut )
•Paste Special : untUk menempatkan teks atau objek yang telah dicopy pada area tertentu dengan pilihan atau kretiria khusus
•Paste as Hiperlink : menampilkan hasil kopi terhubung
•Clear : menghilangkan format
•Select All : memilih seluruh bagian dokumen
•Duplicate : melakukan duplikasi slide dan diletakkan pada  halaman berikutnya
•Delete Slide : melakukan penghapusan slide.
•Find : mencari teks dalam suatu slide.
•Replace : mencari dan mengganti kata
•Go to Property: untuk menuju ke property hlaman slide
•Links : memoditifikasi link yang ada. dan Objec untuk memperbaikin suatu teks atau objek..

3. Menu View, 
digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja.

•Normal : menampilkan slide secara normal, yaitu dalam bentuk satu slide
•Slide Sorter : menampilkan slide secara keselurahan berurutan berdasarkan nomor halaman.
•Slide Show: menampilkan slide satu layar penuh.
•Notes Page: menampilkan slide dalam bentuk catatan halaman.
•Master :menampilkan dan mengedit halaman utama suatu slide.
•Color/ Grayscale : menampilkan halaman slide berwarna, abu-abu, atau hitam putih.
•Task Pane : menampilkan / menyembunyikan menu taks pane.
•Toolbars : menampilkan/menyembunyikan menu toolbars.
•Rules : menampilkan/menyembunyikan ruler line ( mistar )
•Grid and Guides : menampilkan garis bantu pada halaman slide.
•Header and Footer : membuat catatan kepala (header) dan catatan (footer) pada slide.
•Markup : melakukan menadaan terhadap slide.dan Zoom untuk mengatur ukuran tampilan slide.
4. Menu Insert, digunakan untuk melakukan penyisipan slide, gambar, tanggal, dan sebagainya.

•New Slide, untuk menyisihkan atau menambah slide baru.
•Duplicate Slide, untuk melakukan duplikasi slide.
•Slide Number, untuk menyisipkan nomor halaman pada slide.
•Date and Time, untuk menyisipkan tanggal dan jam pada halaman slide.
•Symbol, untuk menyisipkan symbol dan karakter khusus.
•Comment, untuk menyisipkan komentar sebagai keterangan suatu objek.
•Slides form Files, untuk menyisipkan slide dari file presentasi lain.
•Slides from Outline, untuk menyisipkan outline dari file tertentu.
•Picture, untuk menyisipkn gambar clipart,wordart,dan dari file gambar.
•Diagram, untuk menyisipkan diagram.
•Text Box, untuk menyisipkan kotak teks pada halaman slide.
•Movies and Sounds, untuk menyisipkan gambar video dan suara kehalaman slide.
•Chart, untuk menyisipkan objek ke dalam slide.
•Table, untuk menyisipkan format table kedalam slide.
•Object untuk menyisipkan objek dari file aplikasi lainnya.dan
•Hyperlink, untuk menyisipkan atau membuat fungsi hyperlink pada suatu teks maupun pada objek yang dipilih.

5. Menu Format,
 digunakan untuk melakukan perintah formatting seperti pengaturan huruf, penomoran, perapian dan sebagainya.

•Font, untuk mengatur jenis, ukuran, warna, dan efek pencetakan huruf.
•Bullets and Numbering, untuk memberikan nomor aragraph dan nomor bullet.
•Alignment, untuk melakukan pengaturan perataan pada teks.
•Line, Spacing, untuk menentukan jarak baris suatu teks.
•Change Case, untuk mengubah kondisi font dari huruf besar menjadi kecil atau sebaliknya.
•Replace Font, untuk menggati jenis font dengan font yang baru.
•Slide Design, untuk melakukan pengaturan terhadap desain suatu presentasi.
•Slide Layout, untuk mengatur bentuk tampilan slide.
•Background, untuk menentukan warna background pada halaman slide.dan
•Placeholder, untuk melakukan pengaturan placehorer pada suatu slide.

6. Menu Tools,
 digunakan untuk pengaturan bahasa, pengejaan dan sebagainya dan berfungsi untuk bantuan perbaikan dokumen

•Speeling, untuk pengecekan ejan bahasa.,
•Research,untuk pencarian kata-kata yang memiliki arti sama.
•Theasaurus, untuk menampilkan dan menyisipkan kata-kata yang memiliki arti sama.
•Language, mengecek bahasa
•Shared workspace, untuk mengaktifkan fungsi share lembar kerja, sehingga dapat digunakan bersama-sama dalam suatu jaringan.
•Compare and Merge Presentations, untuk melakukan penggabunan file presentasi.
•Online Collaboration, untuk melakukan pertemuan dan diskusi tentang powerpoint melalui internet.
•Macro, untuk melakukan perekaman program macro.
•Add-Ins, untuk menambahkan fasilitas perintah baru kedalam powerpoint.
•AutoCorrect Options, untuk melakukan pengecekan dan penggatian terhadap huruf atau kata-kataturtentu dan ejaanya telah disesuaikan.
•Customize untuk pengaturan menu dan toolbard.
•Options untuk pengaturan jendela dan lembar kerja powerpoint.

7. Menu Slide Show,
 digunakan untuk menampilkan presentasi, pengaturan penampilan file presentasi dan sebagainya.

•View Show, untuk menjalankan tampilan slide dalam satu layar penuh.
•Set Up Show, untuk melakukan pengaturan slide saat slide dijalankan.
•Rehearse Timings, untuk menetukan durasi waktu otomatis saat slide dijalankan.
•Record Narration, untuk melakukan rekaman narasin terhadapa slide.
•Action Buttons, untuk membuat tombol navigasi tombol aksi dalam slide.
•Action settings, untuk melakukan pengaturan proses atau aksi terghadap suatu tombol navigasi.
•Animation, untuk menentukan animasi slide dengan skema yang telah ditentukan oleh powerpoint.
•Custom Animation, untuk menentukan animasi dengan beberapa variasi, tidak bergantun pada skema animasi.
•Slide transition, untuk menentukan bentuk animasi transisi atau animasi perpindahan antarslide.’
•Hide Slide, untuk menyembunyikan slide.dan Custom Show untuk melakukan pengaturan urutan tampilan slide presentasi.

8. Menu Window, 
digunakan untuk membuka jendela baru, mengatur jendela dan sebagainya.

•New Window, untuk membuat jendela baru npada suatu file presentasi, sehingga anda dapat mengedit suatu file dengan beberapa jendela presentasi.
•Arrange All, untuk melakukan pengaturan tampilan jendela secara otomatis terhadap suatu jendela presentasi yang aktif.
•Cascade, untuk melakukan pengaturan tampilamn jendela dengan bentuk bertumpuk (cascade) terhadap semua jendela yang aktif.
•Next Pane, untuk menu pane berikutnya..

9. Menu Help, 
digunakan untuk menampilkan panduan/ bantuan dalam menggunakan PowerPoint.

•Microsoft PowerPoint Help, untuk ,meminta bantuan terhadap suatu perintah powerpoint.
•Show the Office Assitant, untuk menampilkan kotak dialog asistem dalam mencari perintah atau informasi yang belum dimengerti.
•Microsoft Office Online, untuk meminta bantuan secara online melalui internet.
•Contact Us, untuk meminta bantuan dengan cara menghubungi technical support Microsoft melalui telpon dan internet.
•check for Updates, untuk melakukan pengecekan terhadap versi terbaru dari powerpoint.
•Detect and Repair, untuk melakukan deteksi dan perbaikan terhadap program powerpoint.
•Activate Product, untuk mengaktifkan produk yang anda gunakan dengan mengisikan nomor lisensi yang anda dapatkan dari Microsoft.
•Customer feedback Options, untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan kritik dan saran( umpan balik ) terhadap pruduk powerpoint.
•About Microsoft PowerPoint, untuk melihat deskripsi dan release powerpoint yang digunakan.




CARA MEMBUAT ANIMASI TEKS BERJALAN D POWERPOINT 2007
  1. Buka power point anda dan buat halaman atau slide baru
  2. Ketikkan teks yang akan dijadikan animasi teks berjalan dengan menggunakan text box. Buka tab insert kemudian klik Text Box kemudian drag pada slide anda secara memanjang horizontal. Klik kanan pada text box tersebut kemudian pilih edit text, lalu ketikkan teks yang anda kehendaki.

  3. Posisikan text box tersebut dibagian bawah kiri slide dengan batas text box berada diluar slide.
  4. Jika sudah mari kita buat animasinya. Klik pada text box kemudian pada tabAnimation pilih Custom Animation.
    Custom animation
  5. Pada jendela custom animation yang biasanya berada disebelah kanan slide, klik Add effect/Entrance/More Effect dan pilih Crawl In pada pilihan Basic.
  6. Masih pada jendela custom animation, lakukan pengaturan pada modify:Crawl In yaitu pada pilihan Start menjadi After Previous, pada direction ubah menjadi From Right, pada pilihan speed ubah menjadi very slow agar teks tetap dapat dibaca pada saat berjalan.
  7. Agar animasi terus berjalan berulang-ulang, Klik pada drop down list effect dan pilihTiming.
  8. Pada popup yang muncul aktifkan tab timing. Pada bagian Repeat ubah menjadi Until end of slide kemudian klik OK.
  9. Sekarang silahkan dicoba dengan menekan tombol F5. Bagaimana, …. mengasyikkan bukan ??!

Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar